Program sederhana Pemrograman Pascal 2

Program sederhana Pemrograman Pascal 2 - Hai sahabat Farih Komputer, Pada sharing ilmu komputer kali ini yang berjudul Program sederhana Pemrograman Pascal 2, kami telah menyediakan artikel yang cukup lengkap. Semoga postingan blog yang saya tulis ini dapat sahabat pahami. Ini dia artikelnya.

Judul : Program sederhana Pemrograman Pascal 2
Sub Judul : Program sederhana Pemrograman Pascal 2

lihat juga


Program sederhana Pemrograman Pascal 2

Tidak seperti dalam bahasa pemprograman lain. dalam Pascal tidak ada/ tidak perlu perlakuan khusus untuk mendapatkan nilai dari input.
jadi meskipun typenya adalah character/integer untuk mengambilnya caranya adalah sama.
tapi perlu di ingat bahwa input yang dimasukkan haruslah berjenis/ bertype yang sama dengan variable penampungnya.

semisal integer/float dll berarti haruslah numerik (0-9)
sedangkan character/sctring bisa berisi semua character.

A. Input Character

Disini kita akan coba modifikasi program kita yang menghitung luas persegi panjang dari bahasan kita sebelumnya.
saya tambahkan 1 khasus, yaitu saya ingin bisa melakukan perhitungan luas secara berulang kali tanpa harus keluar dari program yang kita buat.

jadi kita membutuhkan batuan dari perulangan tidak tetap / tidak pasti yaitu REPEAT-UNTIL, serta input parameter yang dapat mengindikasikan apakah tetap akan melakukan perhitungan ataukah keluar dari program

Script lengkapnya seperti berikut :

Program LuasPersegiPanjang;
Uses crt;
Var
Luas,p,l : integer;
lagi
: char; // mendeklarasikan indikator parameter
Begin
REPEAT
begin
Write('Masukkan Panjang : ');Read(p);
Write('Masukkan Lebar : ');Readln(l);
Luas := p * l; //perhitungan luas disimpan pada variable Luas
Writeln('Luas Persegi Panjangnya adalah : ',Luas);
write
('Apakah anda ingin melakukan perhitungan kembali[y/n] ? ');read(lagi);
// mengambil indikator parameter, jika berisi n maka akan keluar dari program jika tidak maka program akan diulang/jalankan kembali
Readln();
end;
UNTIL lagi
= 'n';
clrscr
;
End.
hasilnya :
Masukkan Panjang : 20
Masukkan Lebar   : 30
Luas Persegi Panjangnya adalah : 600
Apakah anda ingin melakukan perhitungan kembali[y/n] ? y
Masukkan Panjang : 92
Masukkan Lebar   : 41
Luas Persegi Panjangnya adalah : 3772
Apakah anda ingin melakukan perhitungan kembali[y/n] ? n

B. Input string
Sama dengan input Character, seperti di awal tadi saya sebutkan, bedanya adalah di variable penampung nya.

contoh khasus : saya ingin menampilkan perulangan sebuah kata yang di inputkan sebanyak nilai variable yang di inputkan pula.

bagaimana caranya?
Kali ini karena perulanganya tetap (sebanyak nilai yang di inputkan) maka kita membutuhkan bantuan dari FOR.

Begini script lengkapnya :
program Contoh2;
var
y
,i : integer;
x
: string;
begin
write
('Masukkan kata : ');read(x); // variable penampung kata
write
('Kata akan diulang sebanyak ? ');read(y);
for i := 1 to y do // var penampung batas perulanagan
begin
writeln
(x);
end;
readln
;
readln
;
end.
hasilnya :
Masukkan kata : aku
Kata akan di ulang sebanyak ? 10
aku
aku
aku
aku
aku
aku
aku
aku
aku
aku


Itulah Artikel Program sederhana Pemrograman Pascal 2

Sekian Program sederhana Pemrograman Pascal 2, mohon maaf bila dirasa masih banyak kekurangannya mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk sahabat semua. Baiklah, sekian postingan Farih Komputer kali ini.

Anda sedang membaca artikel Program sederhana Pemrograman Pascal 2 dan artikel ini url permalinknya adalah http://farihcomputer.blogspot.com/2014/12/program-sederhana-pemrograman-pascal-2.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Program sederhana Pemrograman Pascal 2"

Posting Komentar